Thursday, July 17, 2014

5 Destinasi Wisata Garut



1. Cipanas
Apa yang lebih menyenangkan dibanding berendam di air panas, menikmati panorama perbukitan dan udara yang sejuk? Inilah Cipanas, yang punya beberapa pemandian air panas.
Kampung Sumber Alam dan Tirtagangga adalah dua pemandian yang paling terkenal. Keduanya juga punya kamar untuk menginap, masing-masing dengan kolam air panas mini. Destinasi yang pas untuk melepas lelah usai perjalanan mudik.


2. Gunung Cikuray
Cikuray adalah nama gunung tertinggi keempat di Jawa Barat, setelah Gunung Gede. Gunung dengan ketinggian 2.841 mdpl ini berada di perbatasan Kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.
Cikuray adalah salah satu destinasi trekking favorit di Garut. Jalurnya memang sedikit terjal, namun tak butuh waktu lama untuk tiba di puncak. Sunrise di Cikuray terkenal sangat indah!


3. Kampung Sampireun
Bingung mencari tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga? Kampung Sampireun di Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang bisa jadi pilihan. Ini adalah resor bernuansa perkampungan Sunda, lengkap dengan danau di tengahnya.
Ada 22 bungalow yang bisa Anda pilih, masing-masing dilengkapi perahu untuk jalan-jalan keliling danau. Pagi hari, akan ada penjual kue tradisional yang berkeliling naik perahu. Sementara saat malam, akan ada staf hotel yang menyuguhkan sekoteng menggunakan perahu!


4. Gunung Papandayan
Bicara soal pendakian di Garut, yang terlintas di benak traveler pasti Gunung Papandayan. Terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, gunung ini punya lanskap gersang nan cantik penuh kawah. Ada Kawah Nangklak, Kawah Baru, juga Kawah Mas.
Gunung setinggi 2.665 mdpl ini menjadi destinasi favorit untuk trekking. Jalurnya tak terlalu terjal, pemandangannya juga memesona!


5. Situ Bagendit
Siapa bilang Garut tak punya danau cantik? Mudik kali ini, datanglah ke Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi. Selain menikmati panorama danau yang dikelilingi bukit, Anda juga bisa melakukan aneka aktivitas seru bersama keluarga.
Mulai dari naik perahu kelilnig danau, bersepeda air, sampai menikmati makanan khas di warung yang tersedia. Bangku-bangku taman yang tersedia menjadi tempat asyik menghabiskan sore hari.


6. Curug Orok
Ada cerita tragis di balik keberadaan Curug Orok. Konon, puluhan tahun lalu ada seorang wanita yang membuang bayinya dari puncak air terjun. Itulah mengapa air terjun ini dinamakan Curug Orok (bayi).
Meski begitu, air terjun ini sangat cantik dan dikelilingi lanskap hijau. Terletak di Kecamatan Cikajang, curug ini berada di ketinggian 250 mdpl. Pemandangannya sangat indah karena terletak di antara Gunung Papandayan dan Cikuray.


7. Pantai Santolo
Siapa bilang Garut tak punya pantai cantik dan bersih? Di Desa Cikelet di Pameungpeuk, Kabupaten Garut terdapat Pantai Santolo yang berpasir putih bersih.
Lokasinya memang cukup jauh dari Kota Garut, sekitar 3,5 jam perjalanan ke arah selatan. Namun pantainya sungguh bersih, warung-warung berderet menyajikan es kelapa muda. Tempat yang tepat untuk menghabiskan libur seharian.


No comments:

Post a Comment