Tuesday, June 24, 2014

Sikunir yang Indah



Untuk bukit yang satu ini yang berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar daerah dataran tinggi Dieng memiliki keunikan sendiri dibanding dengan gunung-gunung yang lainnya. Untuk ketinggian puncaknya tidak terlalu tinggi masih lebih tinggi Gunung Semeru ataupun Gunung Ciremai.
Tetapi dari bukit Sikunir ini punya kelebihan lain dibanding gunung-gunung yang lainnya. Karena dari Bukit Sikunir ini kita dapat melihat dengan bebas pemandangan alam suasana pagi Golden Sunrise. Yang terbit di ufuk Timur berada di sebelah kiri Gunung Sindoro. Cuma kekurangannya dari Bukit Sikunir ini kita tidak bisa melihat Gunung Sumbing, karena letak Gunung Sumbing tepat berada di belakang Gunung Sindoro.

Tetapi biarpun demikian jangan berkecil hati, kita juga dapat melihat 8 buah gunung sekaligus disini diantaranya, Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Prau, Gunung Kembang, Gunung Sikudi, Gunung Dieng dan Gunung Merbabu.

Desa Sembungan Kecamatan Kejajar
Untuk sampai kesini ke Bukit Sikunir ini pertama kali kita temui yang namanya desa Sembungan, yang merupakan sebuah desa tertinggi di Asia Tenggara. Agar bisa sampai kesini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat bisa juga berjalan kaki asal siap capek aja hahahaha. Dan di ujung desa ada sebuah lokasi parkir yang luasnya lebih kurang 1 ha persis letak nya dekat telaga cebong. Dan saat ini telaga cebong sedang dipercantik lagi sehingga menambah pemandangan alam apabila sampai kesini ke Bukit Sikunir ini. Untuk retribusi parkir nya kendaraan roda dua Rp. 2.000,- dan roda empat Rp. 5.000,-

Di dekat lokasi parkir ada juga warung-warung kecil bisa dipakai untuk santai melepas lelah menu makanannya juga banyak tersedia jangan takut lah ngak mungkin kelaparan berangkat ke Gunung Sikunir hehehe asal logistiknya sudah ok dan dipersiapkan. Bisa nyantai sambil ngopi, atau pun membeli souvenir disini.

Untuk menuju puncak agar bisa mengukur waktu perjalanan sampai melihat Golden Sunrise lebih baik memulai pendakian jam 04.30 pagi dari desa ini karena waktu pendakian hanya memakan waktu 30 menit saja baik pun anda belum pernah mendaki gunung sekalipun, karena medannya tidak tergolong ekstrim dan tergolong landai.

Pendakian menuju Puncak Sikunir
Untuk sampai ke puncak Sikunir ini siap rogoh kocek Rp. 5000,- untuk bayar retribusi. Kalaupun tidak membawa senter dapat menyewa atau membeli senter di warung dekat lokasi parkir. Jalan yang dilalui untuk sampai puncak juga sudah bagus. Dibuat batu bersusun sehingga memudahkan untuk sampai ke puncak. Waktu tempuhnya juga hanya 30 menit saja, tidak terlalu terjal dan tergolong landai.

Sebaiknya untuk menuju puncak Sikunir ini ikuti saja arah saja. Artinya jangan membuka trek baru, ikut pada batu-batu yang sudah tersusun saja.

Puncak Bukit Sikunir
Jangan kaget setelah sampai puncak Bukit Sikunir ini, karena pada daerah puncak Sikunir ini hanya sedikit daerah yang rata. Makanya untuk melihat Golden Sunrise dari puncak Sikunir pastikan untuk mendapatkan tempat yang tidak menghalangi pandangan mata. Karena diatas puncaknya juga banyak terdapat bukit-bukit kecil dan pepohonan. Sumber:sikunir.info

No comments:

Post a Comment