Monday, August 10, 2015

Ingvar Kamprad, Bos IKEA



Ingvar Kamprad memulai usahanya dari usia 17 tahun pada tahun 1943. Ingvar mengawali bisnisnya dengan menjual jam tangan dan pena yang dia impor sendiri dari luar negeri. Dia juga menjual sejumlah pemantik api untuk rokok.
Seiring waktu, bisnis Ingvar melebar. Dalam buku berjudul: 'The IKEA: Story Ingvar Kamprad' disebutkan, Ingvar mulai berbisnis furnitur pada 1948, saat itu Ingvar memasarkan produk furnitur dari sejumlah perajin. Setelah puluhan tahun menggeluti bisnis itu, Ingvar kini memiliki 33 pusat distribusi IKEA di seluruh dunia. Pusat distribusi ini yang menjadi jantung aliran barang dari pemasok ke toko-toko IKEA.

Lantas, dari mana Ingvar mendapatkan merek IKEA? Ternyata IKEA merupakan akronim dari 4 kata yaitu Ingvar, Kamprad, Elmatayd dan Agunnaryd dan disingkat IKEA. Ingvar nama pendiri perusahaan, Kamprad nama keluarga pendiri, Elmatyrad nama pertanian tempat Ingvar Kamprad beranjak dewasa dan Agunnaryd adalah nama kelompok gereja Ingvar menjadi anggotanya.

Dalam perjalanan bisnisnya, Ikea sejak 1943 telah mengantongi registrasi merek di 75 negara lebih dengan 1.300 item sertifikat merek. Produknya tersebar di berbagai negara seperti Canada, Jerman, Israel, Swiss, Singapura, Swedia, Portugal, India, Malaysia, Mesir, Inggris, Afrika Selatan, Perancis, Jepang, Selandia Baru dan Indonesia.
Atas keberhasilannya membangun kerajaan bisnis, Ingvar masuk sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Sejajar dengan Bill Gates, Warren Buffet dan Li Ka-Shing. Pada 2013, Bloomberg Billionaires Index melancir Ingvar memiliki kekayaan senilai USD 51,7 miliar (Rp 491,15 triliun) dan merupakan orang terkaya keempat dunia.

No comments:

Post a Comment