Tuesday, May 28, 2013

Lokasi Syuting "Game Of Thrones"

Di mana persisnya Westeros and Essos terletak di peta? Tempat itu tidak ada. Semua itu adalah negeri dongeng tempat serial HBO “Game of Thrones” (GoT) mengambil latar.
Dubrovnik, Kroasia, juga dikenal sebagai King's Landing. (Foto: Dubrovnik Tourist Board)
Namun, lokasi tempat syuting serial itu — Islandia, Maroko, Kroasia — merupakan tempat nyata bagi para wisatawan yang berharap bisa menangkap semangat fantasi kepahlawanan.

Memainkan keterikatan dengan GoT, Iceland Naturally baru-baru ini menggelar acara Behind the Wall Sweepstakes. Pemenangnya akan diajak ke lanskap tempat GoT digarap, termasuk Danau Myvatn yang subur dengan daratan basahnya, formasi lava vulkanik Dimmuborgir, Kawah Hverfell, salah satu kawah bekas letusan terbesar di dunia, dan Hofoi di Kalfastrandarvogur Bay, terkenal dengan formasi lavanya yang menawan, termasuk Klasar dan Kalfastrandarstripar.

Ouarzazate di Maroko terkenal karena adegan yang menampilkan Daenerys Targaryen dari GoT, merupakan kota kuno Berber yang terkenal sebagai “gerbang menuju gurun pasir.” Julukan lainnya adalah “The Hollywood of Morocco.” Padang gurun di kota itu membuatnya menjadi lokasi sempurna bagi film-film seperti “Gladiator”, “Lawrence of Arabia” dan “Troy”.
Ouarzazate, Maroko, juga hadir di serial "Game of Thrones." (Foto: Morocco National Tourist Office)
Mengapa tidak, dengan pemandangan menakjubkan dari Situs Warisan Dunia UNESCO seperti Kasbah of Ait Benhaddou yang terawat dengan baik, Dades Gorge, Lembah Mawar dan Gurun Sahara. Ouarzazate mengalami peningkatan pemesanan belakangan ini. LateRooms.com mencatat lonjakan 100 persen di kota itu.

Juga terlihat di GoT adalah Pulau Lokrum, kediaman Biara Benediktin pertama di Dubrovnik pada 1023. Prancis membuat jejak mereka di pulau itu pada abad ke-19 dengan membangun Fort Royal Fortress di sana. Namun, tempat lain yang juga patut diperhatikan ketika berwisata ke lokasi GoT di Dubrovnik adalah Arboretum Trsteno. Salah satu taman botanik tertua di wilayah itu, Trsteno merupakan kediaman musim panas keluarga Gucetic-Gozze pada abad ke-15, dilengkapi dengan kebun, terowongan air, penggilingan, air mancur Neptunus, dan paviliun terbuka yang menghadap ke laut.

Apakah para turis memenuhi tempat-tempat itu karena GoT?

“Sulit untuk mengatakan bahwa lonjakan yang kami rasakan beberapa tahun terakhir ini berkaitan secara langsung dengan penggarapan acara terkenal HBO itu,” ujar Jelka Tepsic dari Dubrovnik Tourist Board kepada Yahoo! Travel.

Namun dia menunjukkan, kedatangan turis melonjak sampai 10 persen pada 2012 dan turis yang bermalam melambung 12 persen. LateRooms.com mengalami peningkatan pemesanan 28 persen. Kayak, situs pencarian online, mengalami lonjakan 30 persen ketertarikan wisatawan kepada Dubrovnik.

No comments:

Post a Comment