Thursday, October 22, 2015

Gooseberry kaya manfaat : termasuk penumpas sel kanker

Sudah banyak cara dilakukan untuk mencegah dan mengobati kanker​.​ Mulai ​cara tradisional
​hingga medis. Di antara banyak buah dan sayur, gooseberry diketahui manjur menumpas sel kanker.​

Bluberry, tomat, brokoli dan makanan lainnya sudah terbukti dapat mencegah kanker.​ M​uncul satu nama buah yang masih jarang terdengar namun khasiatnya sama dengan buah dan sayuran lain yang dapat mencegah kanker yaitu ​gooseberry.

Gooseberry merupakan buah berbentuk kecil bulat yang tumbuh di daratan Eropa, saat ini sudah dapat ditemui di Asia Tenggara. B​uahnya berbentuk bulat mirip dengan anggur, namun pada ujung buah terdapat seperti tungkai. Sementaran daunnya melebar mirip dengan kipas namun berukuran kecil.



Seperti halnya dengan buah acai, cranberry dan blueberry, gooseberry juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini berdasarkan hasil studi yang ditulis dalam Journal of Food Science di Brazil’s Campinas State University.

Seperti dikutip dari Daily News (19/10) dan beberapa sumber lainnya, ko​nsumsi gooseberry
​bisa ​mencegah sembelit karena menga​ndung serat, serta mengobati anemia karena mengandung zat besi.

Antioksidan dalam gooseberry mampu mencegah terjadinya gangguan kesehatan ​mata, penuaan dini, Alzheimer hingga kanker. Bagian gooseberry yang paling banyak mengandung polifenol adalah​ bagian kulit buahnya.

Gooseberry yang sudah matang ditandai dengan warnanya yang mulai berubah menjadi kuning dan merah, bisa dimakan langsung atau dibuat manisan. Rasanya yang juicy, asam-asam manis dengan sedikit rasa pahit, buah yang multiguna ini bisa dimakan langsung, untuk salad, atau dijadikan pie​, sorbet, dan es krim.
​ ​
Namun beberapa orang menjadikan gooseberry menjadi selai atau diblender menjadi jus.

No comments:

Post a Comment