Tuesday, October 20, 2015

Mengusir nyamuk secara alami

Mungkin Anda bertanya-tanya, terutama mereka yang tinggal di Jakarta, kenapa saat ini nyamuk terasa semakin banyak saja? Hampir setiap orang kini merasakan gangguan nyamuk, bahkan pada saat mereka yang sudah berada di kantor sekalipun.
Nyamuk kini tidak terpengaruh oleh udara dingin dari AC, dan semua bisa membuktikannya. Biasanya, untuk mengusir nyamuk, kita diberikan banyak sekali produk yang ada di pasaran, namun semuanya sama, memakau racun yang cukup berbahaya.

Walaupun diklaim produsen, jika anti nyamuk yang mereka produksi sangat aman. Namun jika Anda peduli dengan lingkungan dan kesehatan, alangkah baiknya Anda menggunakan bahan kopi, yang mudah untuk dilakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah.


Anda bisa menggunakan bubuk kopi bekas, yang sudah Anda gunakan, jika Anda tidak ingin menggunakan kopi yang masih baru. Pastikan ampas kopi yang Anda gunakan benar-benar kering.

Caranya juga sangat mudah sekali, ambil ampas kopi yang benar-benar kering tersebut, lalu simpan di dalam sebuah piring atau tempat yang sudah tidak terpakai.

Lalu bakar ampas kopi tersebut hingga mengeluarkan asap, yang akan mengusir nyamuk dengan segera. Anda perlu memperhatikan, jika saat membakar ampas kopi, hindarkan dari jangkauan anak-anak dan juga benda yang mudah terbakar.


Jika tidak ada ampas kopi, satu cara lagi yang ampuh adalah Anda dapat membakar daun salam segar. Selain nyamuk, ternyata pembakaran ampas kopi juga mampu mengusir serangga lainnya, seperti semuat atau kecoa.

Cukup sederhana bukan, untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya dari rumah Anda.


Walaupun nyamuk lebih banyak ditemui malam hari, namuan nyamuk yang paling berbahaya di sekitar kita, adalah nyamuk demam berdarah yang aktif di siang hari. Selain gigitannya membuat gatal, suara nyamuk juga bisa mengganggu aktivitas istirahat kita.

Oleh sebab itu, banyak sekali produsen yang memproduksi pengusir nyamuk. Yang mau tidak mau menggunakan bahan berbahaya, terutama bagi anak-anak. Ada juga obat pengusir nyamuk yang dioles, namun sangat sensitif terhadap kulit dan terkadang membuat rasa terbakar.

 

Untuk itu, Anda perlu membuat pengusir nyamuk alami, dengan menggunakan bahan-bahan yang memang ada di sekitar kita, bahkan di dapur Anda. Berikut kami berikan 11 cara alami membuat pengusir nyamuk:

1. Minyak Catnip
Ini adalah salah stau minyak yang paling efektif mengusir nyamuk, Anda bisa menggunakannya dengan mengoleskannya langsung pada kulit atau memasukkan ke dalam botol spray dan menyemprotkan ke ruangan.

2. Minyak Nimba
Minyak ini merupakan salah satu obat nyamuk yang aman dan alami. Minyak nimba bisa dicampur dengan minyak kelapa, dan sangat efektif melawan nyamuk penyebab malaria. Anda dapat mengoleskan langsung pada kulit Anda. Dan minyak ini juga akan membantu dalam mengobati infeksi kulit lainnya.

3. Bawang putih
Sangat mudah dan sederhana untuk membuat obat nyamuk dari bawang putih. Anda dapat menggunakan minyak konsentrat bawang putih yang dapat digosokkan pada kulit untuk menghindari nyamuk. Atau menumbuknya dan menyebarkannya di dalam ruangan. Bau minyak bawang putih dan zat yang ada di dalamnya membuat nyamuk pergi.

4. Minyak kayu putih dan minyak bunga matahari
Campuran minyak kayu putih dan minyak bunga matahari dalam jumlah yang sama, ampuh mengusir nyamuk. Anda juga bisa menggosok atau menyemprotkan pada kulit.

5. Lavender
Minyak lavender adalah salah satu obat nyamuk yang aman. Bunga lavender dapat digosokkan pada kulit dan minyak lavender ditempatkan pada titik denyut nadi, efektif untuk mengusir nyamuk.

6. Minyak kedelai organik
Ini adalah penolak nyamuk yang efektif. Minyak kedelai cukup murah dan mudah tersedia.Minyak ini juga dapat menjadi pelembab yang sangat baik.

7. Ekstra Vanili
Meneteskan beberapa ekstrak vanili atau esens vanila ke titik-titik nadi Anda, akan mengusir nyamuk.

8. Peppermint dan Citronella
Campurkan minyak ini dalam jumlah yang sama dan tambahkan air 1/4 cangkir atau sari cuka apel, masukkan ke dalam botol, kocok agar merata. Lalu semprotkan pada kulit atau pakaian sangat baik mengusir nyamuk.

9. Minyak Grapeseed dan minyak jojoba
Campurkan kedua minyakini dan oleskan pada kulit. Sangat efektif mengusir nyamuk dan menjauh dari Anda. Tentunya aman dan alami.

10. Tea Tree Oil
Minyak ini memiliki antimikroba, antibiotik, dan sifat anti-inflamasi. Tidak hanya itu, minyak ini sangat sehat dan bagus dalam penyembuhan, juga dapat membunuh nyamuk. Anda dapat mengoleskannya pada kulit bersama dengan lotion atau menjadikannya spray dan semprot pada pakaian dan interior rumah Anda.

11. Minyak Geranium
Minyak ini adalah minyak esensial, dan sebagai penyembuh luka yang kuat. Minyak ini juga bagus dalam menjauhkan nyamuk dari Anda. Oleskan beberapa tetes pada titik denyut nadi Anda. Atau menyemprotkan pada pakaian.



Nyamuk merupakan serangga yang membawa banyak penyakit. Bahkan penelitian baru-baru ini, nyamuk merupakan hewan yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia. Malaria dan demam berdarah merupakan penyalit yang disebabkan oleh nyamuk.

Saat ini, pengusir nyamuk semprot merupakan cara instan untuk membunuh nyamuk. Namun cara ini memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan, karena di dalamnya terkandung bahan yang berbahaya dan beracun.

Oleh karena itu, salah satu aman untuk mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan bahan alami. Bahan-bahan ini ada di sekitar kita, tapi kita belum memanfaatkannya secara maksimal.

Lalu apa saja yang bisa mengusir nyamuk dengan alami ini? Simak tipsnya berikut ini:

1. Sediakan minyak lavender dan ragi, minyak ini biasanya banyak dijual di toko-toko obat dalam bentuk cairan. Larutkan minyak ke dalam botol dengan diencerkan dengan air dengan takaran 10 persen. Lalu tambahkan ragi secukupnya, dan simpan di tempat yang banyak nyamuknya.

2. Siapkan minyak nimba dan merica bubuk, lalu tuangkan air hagat ke dalam wadah dan biarkan hingga dingin. Lalu tambahkan ragi, dan tutup bagian wadah dengan kertas dan beri lubang agar udara dari dalam botol keluar untuk mengusir nyamuk.

3. Tanam bunga teratai, karena bunga ini mampu membunuh larva nyamuk yang bertelur di sekitarnya.

4. Campurkan satu sendok makan kayu putih asli ke dalam setengah gelas air. Lalu semprotkan ke dalam ruangan yang sering terdapat banyak nyamuk.

Cara-cara tersebut bisa Anda terapkan untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda. Suka Artikelnya, bagikan dan klik tombol G+ nya.
 

No comments:

Post a Comment