Monday, February 6, 2012

Penyembuh Flu

CUACA tidak menentu membuat virus penyakit menyebar semakin tidak terkendali. Terlebih flu dan batuk yang mudah ditularkan. Untungnya, alam menyediakan berbagai obat alami yang aman bagi tubuh tanpa sentuhan zat kimia.

Tak hanya mencegah penyakit, bahan-bahan natural ini juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh agar kebal dari berbagai jenis penyakit di segala cuaca.

1. Makanan kaya zat besi

Zat besi memiliki berbagai fungsi imun yang bermanfaat bagi tubuh. Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti jamur, peterseli, olahan susu rendah lemak, dan biji wijen, ampuh meningkatkan ketahanan tubuh Anda.

2. Jahe

Jahe mengandung beberapa phytochemical, yaitu zat kimia yang muncul selama alamiah dalam tanaman. Phytochemical yang terdapat dalam jahe di antaranya shogaol dan zingerone, yang memiliki kandungan anti-tussive dan anti-inflammatory. Keduanya juga baik untuk menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan akibat flu.

3. Bawang putih

Dalam cerita rakyat, bawang putih dikenal sebagai gadis baik hati yang senang menolong. Begitu juga dengan bumbu dapur yang satu ini. Bawang putih baik untuk memperkuat fungsi imun tubuh dan menyeimbangkan level kolesterol, aktivitas anti-tumor dan anti-oxidant.

4. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan anti-oxidant yang melimpah, ditambah dengan Vitamin C yang baik bagi tubuh. 53 persen Vitamin C terdapat dalam buah jeruk, sedangkan 23 persen terdapat dalam jusnya. 21 persen Vitamin C terdapat pada pulp (bulir-bulir buahnya) dan kulitnya.

5. Sup ayam

Masih ingat buku Chicken Soup for the Soul yang berisi kisah-kisah motivasi yang dapat menenangkan pikiran? Efek yang sama juga dihasilkan oleh sup ayam. Menu yang satu ini paling banyak direkomendasikan bagi penderita flu dan demam. Kuah kaldunya yang hangat berfungsi sebagai decongestant yang menghilangkan rasa sesak dan hidung mampet. Kombinasi bahan-bahannya memiliki fungsi anti-inflammatory bagi sistem pernapasan.

No comments:

Post a Comment