Wednesday, September 12, 2012

5 Makanan Yang Bisa Menyebabkan Pusing

Banyak alasan yang bisa menyebabkan pusing atau sakit kepala. Terlalu lama didepan layar komputer dan kelelahan, salah satu penyebabnya. Beberapa makanan yang Anda konsumsi juga bisa menjadi pemicunya.

Pisang dan kacang merupakan salah satu makanan yang bisa membuat sakit kepala. Kandungan zat tertentu di dalamnya bisa membuat kepalan pusing dan kegiatan Anda terganggu. Karena itu cobalah cermati 5 jenis makanan ini dan batasi konsumsinya.
 
 
1. Keju
Makanan hasil fermentasi susu ini kaya akan nutrisi. Meskipun begitu, menurut WebMD, usia keju juga bisa menyebabkan sakit kepala, kerena kandungan zat tyramine yang dapat mengurai protein pada keju semakin tinggi. Sebaiknya perhatikan tanggal pembuatan keju saat membelinya.

2. Alkohol
Alkohol dapat meningkatkan aliran darah ke otak, selain itu juga dapat menyebabkan dehidrasi. Menurut Everydayhealth, hal tersebut dapat mneyebabkan Anda sakit kepala. Sebaiknya batasi konsumsi minuman beralkohol agar terhindar dari sakit kepala.
 
3. MSG
Monosodium Glutamat merupakan garam natrium dari asam glutamat untuk penyedap makanan. Biasanya dijumpai pada kecap dan saus botolan. Meskipun dikatakan aman, jika digunakan berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang memicu sakit kepala.
 
4. Pisang
Buah pisang juga mengandung tyramine yang dapat memperbesar pembuluh darah yang menyebabkan migrain. Berdasarkan berita yang dilansir Everydayhealth, jika makan pisang sebaiknya hindari serabut lunak yang menempel di kulit pisang, dan dapat menyebabkan sakit kepala.
 
5.Kacang-kacangan
Seperti keju dan buah, kacang-kacangan juga mengandung zat tyramine. Meskipun dalam jumlah yang kecil, namun perlu juga dibatasi konsumsinya.

No comments:

Post a Comment