Thursday, January 26, 2012

Rencana Tuhan terhadap Henry Dunand

Berdirinya Palang Merah Internasional

Henri Dunant adalah bankir kaya sudah banyak yang tahu , dia juga yang mendirikan Palang Merah Internasional juga semua orang sudah tahu , tapi apakah yg menginspirasi nya sampai dia mau berkorban untuk mendirikan Palang Merah Internasional ?  hal ini mungkin belum banyak orang yang tahu.

Inilah sedikit cerita ttg berdirinya Palang Merah Internasional ;

Suatu hari, pemerintah Swiss mengutusnya menemui Napoleon Bonaparte di Paris untuk urusan bisnis. Namun, Napoleon sedang berperang di Italia. Jadi, Dunant menyusulnya ke medan perang. Di situlah ia sangat terkaget-kaget dan terhenyak melihat kekejaman perang.
Mayat manusia berserakan di ladang, Gereja penuh orang yang luka berat. Berminggu-minggu Dunant ikut membantu dokter merawat mereka. Sepulangnya ke Swiss, ia mengalami depresi. Bayangan kekejaman perang terus menghantui pikirannya . Ia meyakinkan dirinya sendiri dan ingin dirinya bisa berbuat sesuatu. Lalu Dunant mendirikan Palang Merah Internasional, yang kiprahnya sampai kini telah menolong jutaan orang di medan perang.

Perjalanan Dunant ke Italia sepertinya salah jalan. Menyimpang dari rencana semula. Namun, justru dari kunjungannya ke Italia itulah dia mendapatkan inspirasi kuat untuk mendirikan suatu badan yang bertugas merawat dan melindungi para korban perang dan korban kekerasan lainnya .
Henry Dunant adalah orang yg hidupnya serba terencana , dia selalu membuat rencana tahunan, bulanan, sampai jadwal harian, dan berusaha menurutinya. Tak ada yang salah dengan kunjungannya ke Paris . Namun, situasi saat itu mengharuskan dia menyimpang dari rencana semula, sampai akhirnya dia harus ke Italia dan melihat dengan mata kepala sendiri korban2 akibat kekejaman perang.

Dalam hidup kita pun bisa juga terjadi demikian , jadi jangan panik atau marah. Kalau ternyata rencana anda tidak bisa berjalan sesuai dengan keinginan anda semula .
Bisa jadi saat itu memang Tuhan telah merencanakan jalan yang lain yang berbeda dengan rencana kita. Kita harus bisa belajar memahami situasi dan keadaan , Belajarlah untuk lebih peka !








No comments:

Post a Comment