Thursday, January 26, 2012

Ketika Tuhan tidak menjawab Doa

Aurora dan Tithonos


Pernahkah kita membayangkan seandainya Tuhan selalu menjawab dan mengabulkan apapun yang kita minta kepada-Nya melalui doa?
Kemungkinan besar kita akan senang dengan hal ini.
Namun pernahkah kita membayangkan apa jadinya dengan hidup kita, jika Tuhan selalu menjawab dan mengabulkan apapun yang kita minta kepada-Nya? Tentu saja bukan hal yang baik, namun justru hal yang buruklah yang terjadi.


Sebuah dongeng Yunani kuno menceritakan kisah cinta Aurora dan Tithonos. Cinta mereka tentu saja bermasalah sebab Aurora adalah dewi yang hidup abadi, sedangkan Tithonos adalah manusia biasa yang fana. Dewi Aurora pun minta kepada dewa Zeus untuk mengaruniakan hidup abadi kepada Tithonos. Permohonannya dikabulkan sehingga Tithonos tidak akan bisa mati. Hanya sayang wajah Tithonos makin hari makin tua dan penuh keriput. Rupanya dewi Aurora salah meminta. Ia minta hidup yang abadi tapi lupa untuk minta tubuh yang juga abadi. Ia minta awet umur, tapi ia lupa minta awet muda.

Sekarang kita tahu mengapa tidak semua apa yang kita minta dan doakan selalu dijawab oleh Tuhan.
Tuhan kita bijak, sebab Tuhan tahu apa yang terbaik bagi kita.
Tuhan tidak akan pernah mengabulkan doa kita, jika doa kita salah dan hanya untuk memuaskan nafsu kita saja sebagaimana Yakobus 4:3 berkata, “Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.” Tuhan tidak akan mengabulkan doa kita, jika Dia tahu bahwa hal itu hanya akan mencelakakan hidup kita.

Jika kita merasa apa yang kita doakan tidak dijawab oleh Tuhan, baiklah kita melakukan introspeksi atas diri kita, apakah hal yang kita minta itu benar dan sesuai dengan kehendak Tuhan?
Bukan karena Tuhan tidak mengasihi kita, tapi jangan-jangan ada yang salah dengan doa kita.
Apakah kita mau Tuhan bertindak seperti dewa Zeus yang selalu mengabulkan apa yang diminta? Kita bisa celaka kalau apa yang kita minta ternyata salah!
Tuhan tidak akan mengabulkan doa kita, jika akhirnya itu mencelakakan hidup kita sendiri.

No comments:

Post a Comment